Membuat ZPT dari Bawang Merah: Panduan Praktis untuk Pertumbuhan Tanaman

Membuat ZPT dari Bawang Merah: Panduan Praktis untuk Pertumbuhan Tanaman

frisya

 

BatamHits.com - Pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat ditingkatkan dengan menggunakan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) alami. Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) mengandung hormon alami seperti auksin dan giberelin yang dapat digunakan sebagai ZPT. Dalam dunia pertanian, ZPT sangat penting untuk membantu pertumbuhan tanaman.


Bawang merah mengandung hormon auksin yang dapat merangsang pembentukan akar pada tanaman. Anda dapat menggunakan ZPT bawang merah dengan cara perendaman untuk stek batang, pengolesan untuk memacu pertumbuhan akar saat mencangkok, atau penyemprotan pada tanaman anggrek atau tanaman dengan akar menggantung.


Beberapa kandungan penting dalam umbi bawang merah, seperti vitamin B1 (thiamin), riboflavin, dan rhizokalin, dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Hormon auksin berfungsi untuk merangsang pembesaran sel, sintesis DNA kromosom, dan pertumbuhan aksis longitudinal tanaman. Giberelin, di sisi lain, berperan sebagai pengontrol pertumbuhan pada seluruh bagian tanaman dan merangsang proses perkecambahan.


Anda dapat membuat ZPT sendiri dengan menggunakan umbi bawang merah. Caranya adalah dengan menghancurkan atau mengblender 5 kg bawang merah, lalu menyaringnya untuk mendapatkan ekstrak bawang merah.


Berikut adalah beberapa cara penggunaan ZPT bawang merah:

Untuk penyemaian benih: Rendam benih dalam larutan air bawang merah selama 3 atau 5 jam sebelum disemai.

Untuk penyetekan (stek batang): Rendam bagian batang yang akan distek dalam larutan air bawang merah selama 3 atau 5 jam sebelum ditanam.

Untuk pencangkokan: Oleskan larutan air bawang merah pada bagian batang yang akan dicangkok, lalu bungkus dengan media tanah atau sabut kelapa.

Untuk bibit tanaman: Rendam bibit tanaman selama 10 menit sebelum ditanam dalam larutan air bawang merah.

Menggunakan ZPT bawang merah sebagai cara alami untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dapat menjadi alternatif yang mudah dan hemat. Namun, perlu diingat bahwa hasil penggunaan ZPT dapat bervariasi tergantung pada jenis tanaman dan kondisi lingkungan. Selain itu, konsultasikan juga dengan ahli pertanian atau agronom untuk saran lebih lanjut mengenai penggunaan ZPT dalam budidaya tanaman Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar